Tentang Kami

Pada umumnya, bencana mengakibatkan rusaknya hampir semua infrastruktur telekomunikasi. Akses informasi dan komunikasi terputus. Padahal, salah satu kunci penting dalam penanganan bencana adalah ketersediaan informasi yang dapat diperoleh dengan cepat, tepat dan akurat, sehingga keputusan bisa diambil dengan tepat, aktivitas yang akurat serta dapat melakukan akselerasi.

Ada satu hal sangat penting. Bahwa Indonesia merupakan daerah yang rawan bencana. Rentetan kejadian alam menimbulkan berbagai bencana yang mengakibatkan korban jiwa dan materi yang besar. Belajar dari hal tersebut, Yayasan AirPutih membangun satu situs media center sebagai informasi bencana di Indonesia.

Tujuan Program
Tujuan dibangunnya portal Media Center adalah :
1) Media pusat informasi bencana;
2) Media pendidikan terhadap masyarakat tentang kebencanaan dan penanganannya;
3) Media sosialisasi wilayah rawan bencana

Fitur Media Center
Ada beberapa fitur atau layanan yang tersedia di Media Center ini. Di antaranya:

MISSING PERSON
Satu layanan yang digunakan jika keadaan darurat, yaitu pencarian orang hilang. Pengunjung bisa mengirim data korban yang dicari. Dan saling berbagi informasi mengenai korban-korban musibah bencana alam maupun bencana lingkungan yang terjadi di Indonesia.

ARTIKEL DAN OPINI
Proses edukasi, memberikan pemahaman-pemahaman bahwa Indonesia ini daerah rawan bencana perlu dilakukan. Melalui situs media center inilah medianya. Berbagai tulisan para pakar gempa dan kalangan profesional lainnya kami coba untuk kumpulkan. Sehingga bisa menjadi bahan pengetahuan bagi kita semua.

BERITA
Berita perkembangan situasi dari berbagai media dan lembaga kemanusiaan bisa dibaca.

PUSAT DATA
Update data perkembangan kondisi daerah bencana yang diperoleh dari berbagai lembaga dan relawan kemanusiaan yang terjun di daerah bencana.

Info Mobile
Konten media center bisa diakses dengan menggunakan mobile phone. Dengan menggunakan aplikasi sindikasi, para pengguna telepon genggam bisa mengakses berita, info gempa, ramalan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. Cukup dengan akses GPRS, minim bandwith. Silahkan kunjungi http://www.bmg.go.id/hp atau http://m.mediacenter.or.id

Hasil yang diharapkan
Hasil yang diharapkan dari adanya portal media center ini adalah masyarakat akan sadar bahwa kondisi Indonesia merupakan kawasan yang rawan terjadi bencana alam. Sehingga bisa melakukan aktivitas yang dapat mengurangi resiko atau dampak dari terjadinya bencana alam.